Monday, August 15, 2016

7 Kunci Untuk Membantu Pemimpin Bertanya Lebih Baik



7 Kunci Untuk Membantu Pemimpin Bertanya Lebih Baik

Diposting pertama kali oleh Proffesion Biz -- Oleh John Benson

Menjadi seorang pemimpin atau manager bisa menjadi pengalaman yang menakutkan. Anda bisa merasa seperti di akuarium dimana semua orang bisa terus melihat anda.  Anda mungkin akan merasa seperti harus benar terus atau harus punya semua jawaban. Sebagai pemimpin, cobalah bersahabat dengan 3 hal di bawah ini : 

  1. Pasti ada hal yang anda tidak tahu
  2. Ada bawahan anda yang biasanya lebih tahu dari anda
  3. Orang lain biasanya ingin membantu
Kebanyakan pemimpin akan melewati waktu yang sangat berat untuk memahami hal tersebut. Sama seperti singa, dipersepsikan seperti raja hutan, bukan karena singa yang terbesar, tercepat atau terpintar di hutan, kita tetap menganggap singa sebagai raja. Demikian juga dengan anda, anda dianggap pemimpin bukan karena lebih pintar, kompeten atau paling pintar di organisasi. 

Dari semua keahlian atau senjata yang harus dikuasai oleh pemimpin untuk menjadi sukses, senjata yang paling efektif adalah bagaimana bertanya lebih baik. Bertanya lebih baik pada dasarnya memungkinkan pemimpin mendapat informasi lebih banyak. Dengan informasi yang memadai, pada gilirannya memberi pemimpin lebih banyak pilihan, sehingga memungkinkan pemimpin untuk membuat keputusan lebih baik dan informatif. 

Seringkali saat pemimpin bertanya, mereka bertanya dengan ide-ide yang sudah ada di pikiran mereka atau bertanya pertanyaan tertutup (pertanyaan yang jawabannya ya atau tidak). Untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan untuk menyelesaikan masalah, pemimpin harus seperti detektif. Mereka harus belajar bagaimana bertanya mengajukan pertanyaan yang memberikan wawasan dan jawaban mendalam.


Berikut adalah tujuh cara membantu pemimpin bertanya lebih baik.


1.      Bertanya pertanyaan terbuka dan tidak menanyakan pertanyaan yang jawabannya ya atau tidak. Ini adalah pertanyaan tertutup. Pertanyaan seperti ini tidak menghasilkan diskusi atau wawasan, misalnya : bagaimana menurut anda solusi dari masalah ini?

2.      Jauh-jauh dari asumsi

3.      Cari informasi dari sudut yang berbeda atau dari sisi seberangnya

4.      Bertanya pertanyaan lanjutan, misalnya : menarik sekali informasi bapak, kemudian menurut bapak, apa yang harus kita lakukan di langkah berikutnya?

5.      Terbiasalah diam, anda tidak harus seperti harus terus berbicara. Dengarkanlah.

6.      Biarkan orang lain menemukan wawasannya

7.      Temukan perbedaan antara fakta dan apa yang anda pikir anda ingin tahu


Memecahkan masalah dan menyediakan solusi kreatif dan efisien adalah kunci menjadi seorang pemimpin. Dalam rangka untuk melakukan tugas menjadi seorang pemimpin, mengajukan pertanyaan yang tepat adalah kuncinya. Membuat keputusan mulai dari informasi yang tepat. Biasa diawal untuk takut dalam mengambil keputusan dan terkadang ada beberapa solusi untuk sebuah masalah. 

Selamat bertanya dan mengambil keputusan.

No comments:

Post a Comment

9 Tanda Anda Memiliki Pola Pikir yang Dibutuhkan Untuk Sukses

9 Tanda Anda Memiliki Pola Pikir yang Dibutuhkan Untuk Sukses Keahlian, pendidikan, pengalaman – semuanya penting, dan masi...